Tangki atau Resevoir pada Unit Tenaga Hidrolik

Apa kabar makhluk Tuhan? Sudah makan apa hari ini? Bagi yang belum makan dan minum, silahkan diisi dulu perutnya. Hee.. Oke, pada pokok bahasan kali ini kita akan bahas lagi komponen unit tenaga dalam sistem hidrolik. Kalau kemarin kita suda bahas tentang pompa hidrolik, kali ini kita akan bahas tentang Filter atau saringan dan juga Tangki atau Resevoir. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa media utama sistem hidrolik adalah cairan (oil), jadi secara otomatis cairan atau fluida tersebut membutuhkan sebuah tempat untuk menampung, serta alat untuk menyaringnya, karena media cair cukup rentan terhadap kotoran dari luar. Maka dari itu dalam sebuah sistem hidrolik terutama pada Unit tenaga atau power pack, dibutuhkan sebuah komponen seperti Tangki (Resevoir) dan Saringan (Filter). Mengenai apa saja fungsi dan juga detail dari komponen unit tenaga tersebut, akan dibahas di bawah ini.

Tangki Hidrolik (Resevoir)

Tangki hidrolik atau lebih dikenal dengan nama Resevoir, merupakan salah satu dari beberapa komponen unit tenaga atau power pack dalam sistem hidrolik. Komponen ini juga sangat vital peranannya, karena komponen inilah yang menampung media utama dari sistem hidrolik. Hanya saja, dalam pembuatan tangki hidrolik atau resevoir ini juga ada aturannya, agar ketika sistem hidrolik mulai berjalan, tidak terjadi kekurangan pasokan cairan untuk menjalankan sistemnya. Oleh karena itu, ukuran minimal dari tangki hidrolik (Resevoir) ini adalah 3-5 kali lipat jumlah total cairan hidrolik yang digunakan pada sistem hidrolik yang berjalan. Selain itu, bahan tangki hidrolik ini hendaknya juga terbuat dari bahan yang ketebalannya cukup, kuat, tidak muah rusak, dan juga solid atau padat, agar tidak terjadi kebocoran.
Adapun fungsi tangki hidrolik atau resevoir adalah sebagai berikut:

Fungsi Tangki Hidrolik (Resevoir)

1. Menampung cairan hidrolik
2. Tempat mengendapkan kotoran
3. Media pendingin
4. Sebagai tempat dipasangnya komponen unit tenaga yang lainnya
Dalam kenyataannya ada tangki hidrolik (resevoir) yang dibuat seperti biasa, namun ada pula yang dimodifikasi dengan ditambahkan ventilasi atau disebut juga Vented Resevoir.

Komponen Tangki Hidrolik


Gambar bagian-bagian tangki hidrolik
OK.. itu dia sedikit pengetahuan tentang tangki hidrolik atau biasa disebut Reservoir dalam sistem hidrolik. Nah pemirsa, pembahasan tentang semua komponen unit tenaga dalam sistem hidrolik sudah selesai dibicarakan tentang tangki hidrolik(Resevoir)  Jika ada pertanyaan-pertanyaan yang ingin disampaikan, atau tambahan-tambahan yang belum disebutkan, silahkan sampaikan lewat kolom komentar. Semoga sedikit ilmu yang disampaikan bisa banyak memberikan manfaat. Dalam pertemuan selanjutnya, insya ALLAH akan dibahas mengenai Unit Pengatur atau Control Unit dalam sistem hidrolik. Sekian kiranya yang bisa saya sampaikan. Terimakasih.

iklan 2

4 Responses to "Tangki atau Resevoir pada Unit Tenaga Hidrolik"

  1. Mass.bagian bagian resrvoir danfungsinya apa apa saja mass???

    ReplyDelete
    Replies
    1. di dalam reservoir ada beberapa bagian, seperti oil chamber, boffle plate, level indicator, drain screw, dll, seperti yang ada pada gambar,,
      adapun lebih lengkap bagian - bagian reservoir dan masing - masing fungsinya, akan saya update lagi pada artikel selanjutnya
      terimakasih

      Delete
  2. cara perawatan tangki hidrolik gimana mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti akan dibahas ditulisan selanjutnya pada bagian perawatan

      Delete