Pengertian Pneumatik atau Udara Kempa Beserta Kelebihan dan Kekurangannya



Assalaamualaikum Wr. Wb. Gimana kabar hari ini? Alhamdulillah kalau baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas tentang sebuah sistem yang sekarang ini pemanfaatannya banyak dipakai di dunia industri. Benar, sistem itu adalah Pneumatik. Dimana sistem ini dapat di aplikasikan dalam berbagai jenis peralatan dan juga gerakan, mulai dari gerakan translasi maupun rotari. Untuk lebih mendalam pembahasannya, kita langsung saja bahas di bawah ini.

Pengertian Pneumatik

Secara bahasa pneumatik sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu berasal dari kata pneuma yang artinya adalah udara. Sedangkan pengertian pneumatik sendiri adalah pemindahan daya atau tenaga dengan menggunakan media fluida berupa udara kempa atau udara yang bertekanan tinggi. Sedangkan definisi atau pengertian Sistem Pneumatik adalah suatu sistem yang merubah Enegi Mekanik atau gerak menjadi Energi Pneumtik, kemudian diatur sedemikian rupa dan dirubah kembali menjadi Energi Mekanik atau gerak kembali. Adapun diagram sistem pneumatik bisa dilihat pada gambar di bawah ini





Dulu, udara kempa ini pemanfaatannya kebanyakan hanya sebagai penambah udara atau tekanan pada ban motor atau mobil, untuk melepas velg mobil, untuk membersihkan kotoran-kotoran, dll. Namun sekarang ini, hampir setiap panbrik menggunakan sistem pneumatik ini pada peralatan-peralatan produksinya, seperti untuk industri obat-obatan, industri makanan, bahkan dalam bidang otomotif dan robotik juga memakai sistem pneumatik ini.

Karakteristik Udara Kempa

Seperti pada umumnya udara, kandungan udara kempa juga sama seperti udara pada umumnya, yaitu 78% gas, 21% nitrogen, sisanya adalah campuran kandungan lainnya seperti oksigen, karbondioksida, dll. Dalam sistem pneumatik, udara kempa dimanfaatkan sebagai media transfer daya atau tenaga. Udara kempa adalah udara yang telah dimampatkan atau sudah mengalami proses pemampatan. Proses pemampatan ini adalah dengan memperkecil volume udara dan menaikkan nilai tekanan udara itu sendiri. Adapun karakteristik udara sendiri antara lain :

1. Udara mengalir dari tekanan yang tinggi menuju tekanan yang rendah
2. Volume udara tidak tetap
3. Udara dapat dikempa (dimampatkan)
4. Berat jenis udara 1,3kg/m³
5. Udara tidak berwarna

Keuntungan dan Kekurangan Sistem Pneumatik

Pemakaian sistem pneumatik atau udara kempa ini memang banyak digunakan pada masa sekarang ini, karena sistem ini mempunyai beberapa kelebihan dibanding sistem yang lainnya. Adapaun keuntungan atau kelebihan sistem pneumatik sebagai berikut

Keuntungan Sistem Pneumatik

1. Ketersediaan yang tak terbatas, udara tersedia di alam sekitar kita dalam jumlah yang tanpa batas sepanjang waktu dan tempat.

2. Mudah disalurkan, udara mudah disalurkan/pindahkan dari satu tempat ke tempat lain melalui pipa yang kecil, panjang dan berliku.

3. Fleksibilitas temperatur, udara dapat fleksibel digunakan pada berbagai temperatur yang diperlukan, melalui peralatan yang dirancang untuk keadaan tertentu, bahkan dalam kondisi yang agak ekstrem udara masih dapat bekerja.

4. Aman, udara dapat dibebani lebih dengan aman selain itu tidak mudah terbakar dan tidak terjadi hubungan singkat (kotsleiting) atau meledak sehingga proteksi terhadap kedua hal ini cukup mudah, berbeda dengan sistim elektrik yang dapat menimbulkan kostleting hingga kebakaran.

5. Bersih, udara yang ada di sekitar kita cenderung bersih tanpa zat kimia yang berbahaya dengan jumlah kandungan pelumas yang dapat diminimalkan sehingga sistem pneumatik aman digunakan untuk industri obat-obatan, makanan, dan minuman maupun tekstil

6. Pemindahan daya dan Kecepatan sangat mudah diatur. udara dapat melaju dengan kecepatan yang dapat diatur dari rendah hingga tinggi atau sebaliknya. Bila Aktuator menggunakan silinder pneumatik, maka kecepatan torak dapat mencapai 3 m/s. Bagi motor pneumatik putarannya dapat mencapai 30.000 rpm, sedangkan sistim motor turbin dapat mencapai 450.000 rpm.

7. Dapat disimpan, udara dapat disimpan melalui tabung yang diberi pengaman terhadap kelebihan tekanan udara. Selain itu dapat dipasang pembatas tekanan atau pengaman sehingga sistim menjadi aman.

8. Mudah dimanfaatkan, udara mudah dimanfaatkan baik secara langsung misal untuk membersihkan permukaan logam dan mesin-mesin, maupun tidak langsung, yaitu melalui peralatan pneumatik untuk menghasilkan gerakan tertentu.

Namun, selain memiliki keuntungan atau kelebihan, sistem pneumatik atau udara kempa ini juga memiliki kekurangan – kekurangan. Kekurangan sistem pneumatik antara lain adalah

Kekurangan Sisitem Pneumatik

1. Memerlukan instalasi peralatan penghasil udara. Udara kempa harus dipersiapkan secara baik hingga memenuhi syarat. memenuhi kriteria tertentu, misalnya kering, bersih, serta mengandung pelumas yang diperlukan untuk peralatan pneumatik. Oleh karena itu sistem pneumatik memerlukan instalasi peralatan yang relatif mahal, seperti kompressor, penyaring udara, tabung pelumas, pengeering, regulator, dll.

2. Mudah terjadi kebocoran, Salah satu sifat udara bertekanan adalah ingin selalu menempati ruang yang kosong dan tekanan udara susah dipertahankan dalam waktu bekerja. Oleh karena itu diperlukan seal agar udara tidak bocor. Kebocoran seal dapat menimbulkan kerugian energi. 
3. Menimbulkan suara bising, Pneumatik menggunakan sistim terbuka, artinya udara yang telah digunakan akan dibuang ke luar sistim, udara yang keluar cukup keras dan berisik sehingga akan menimbulkan suara bising terutama pada saluran buang. Cara mengatasinya adalah dengan memasang peredam suara pada setiap saluran buangnya.

4. Mudah Mengembun, Udara yang bertekanan mudah mengembun, sehingga sebelum memasuki sistem harus diolah terlebih dahulu agar memenuhi persyaratan tertentu, misal kering, memiliki tekanan yang cukup, dan mengandung sedikit pelumas agar mengurangi gesekan pada katup-katup dan aktuator.


Nah, demikian sedikit informasi tentang apa itu udara kempa atau Pneumatik dan juga kelebihan dan kekurangannya. Tulisan di atas hanya sebagai salah satu referensi saja tentang pneumatik, adapun jika ada kekurangan atau tambahan, silahkan ditulis dikolom komentar. Semoga sedikit materi di atas bisa menjadi ilmu yang bermanfaat. Sekian dan Terimakasih
Wassalaamualaikum Wr. Wb
iklan 2

0 Response to "Pengertian Pneumatik atau Udara Kempa Beserta Kelebihan dan Kekurangannya"

Post a Comment