Mengenal hidrolik, sistem hidrolik, dan berbagai macam instalasi mesin hidrolik

lengan robot dengan sistem hidrolik

Assalaamu’alaikum Wr. Wb
Apakah hidrolik itu? Mungkin itu pertanyaan yang pertama kali muncul dipikiran kita begitu mendengar dan melihat kata hidrolik. Hidrolik atau hydraulic sendiri berasal dari bahasa yunani, yaitu “hydro” yang berarti air, dan “aulos” yang bermakna ilmu. Namun secara ilmu teknik dan umum, yang dimaksud hidrolik adalah suatu pemindahan gaya atau tenaga dengan menggunakan media fluida berupa cairan yang bertekanan. Sedangkan sistem hidrolik sendiri adalah suatu sistem yang merubah energi mekanik menjadi energi hidrolik, kemudian diatur sedemikian rupa dan dirubah kembali menjadi energi mekanik. 
Instalasi mesin hidrolik biasanya banyak digunakan dalam dunia industri maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa contoh instalasi mesin hidrolik diantaranya adalah:

1. Instalasi sistem hidrolik pada konstruksi mesin perkakas

Pada mesin-mesin perkakas yang banyak digunakan dipabrik-pabrik, banyak sekali menggunakan instalasi sistem  hidrolik. Seperti pada mesin bending, mesin cetak, mesin stamping, mesin puntir, dll. 

2. Konstruksi pengempaan

Pada konstruksi pengempaan, sistem hidrolik biasa dipakai pada alat press batu bata, alat press tahu, alat press sampah, dll.

3. Konstruksi instalasi

Pada industri otomotif, sistem instalasi hidrolik biasanya digunakan dalam perakitan motor atau mobil, ataupun dibagian pengelasan

4. Konstruksi kendaraan

Sebagai contoh pada kendaraan bermotor atau mobil, beberapa komponen yang menggunakan aplikasi sistem hidrolik, seperti : pada rem cakram, suspensi, dongkrak, power stering, dll.

5. Konstruksi pesawat terbang

Pada pesawat terbang, sistem hidrolik yang bisa kita lihat dari luar seperti  pada sistem navigasi pada sayap samping dan belakang, serta pada bagian roda

6. Konstruksi kapal

Buat yang sering mudik lewat jalur laut, pasti sudah tidak asing dengan pintu buka tutup pada kapal atau alat penarik jangkar. Pada bagian tersebut dapat kita lihat jelas silider atau motor hidrolik yang digunakan untuk menaikkan dan menurunkan pintu kapal atau jangkar.
Pada contoh-contoh instalasi atau aplikasi mesin hidrolik diatas, dapat kita lihat banyaknya aplikasi mesin-mesin hidrolik yang digunakan. Sistem hidrolik ini banyak digunakan karena banyak sekali keuntungan dari aplikasi ini. Apa saja keuntungannya?

Beberapa keuntungan sistem hidrolik

1. Pemindahan gayanya besar meskipun dengan komponen yang kecil
2. Pengendaliannya dapat diatur dengan baik.
3. Tekanan, gaya, momen, serta kecepatan dapat disetel tanpa tahapan
4. Umur peralatan hidrolik relatif panjang
5. Dengan alat penghubung yang tepat, dapat memungkinkan pembalikan arah secara cepat.
6. Dapat dikendalikan dari jarak jauh

Selain beberapa keuntungan yang dimiliki, sistem hidrolik juga terdapat kerugian-kerugian. 

Beberapa kerugian pada sistem hidrolik

1. Harga komponen atau alat hidrolik relatif mahal
2. Tekanan fluida hidrolik cukup tinggi
3. Kurang cocok untuk industri makanan
4. Dll

Nah, bagaimana sekarang? Sudah ada gambaran tentang hidrolik dan sistem hidrolik kan? Dan sudah tahu juga macam-macam aplikasi mesin hidrolik. Serta dengan mempertimbangkan keuntungan dan kerugian yang ada pada sistem hidrolik, kita dapat membuat sendiri sebuah alat yang menggunakan mekanisme kerja sistem hidrolik. Tentu saja alat tersebut yang efektif serta bermanfaat dan juga ramah dikantong, mengingat harga komponen atau alat hidrolik tidaklah murah. Demikian sedikit pengetahuan yang bisa saya bagikan kepada para pembaca mengenai apa itu hidrolik dan sistem hidrolik, serta aplikasi mesin hidrolik. Semoga dapat membantu dan memberikan pengetahuan kita.  Jika ada yang kurang pas tentang materi di atas, silahkan sampaikan melalui komentar di bawah. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan. Sekian dan terimakasih
Wassalaamu’alaikum Wr. Wb

iklan 2

0 Response to "Mengenal hidrolik, sistem hidrolik, dan berbagai macam instalasi mesin hidrolik"

Post a Comment