Pompa Hidrolik (Hydraulic Pump) Yang Biasa Digunakan Dalam Sistem Hidrolik

Hallo, apa kabarnya semua? Sudah sarapan apa hari ini? Oke, kita lanjutkan lagi bahasan tentang hidrolik hari ini. Dalam Unit Tenaga atau Power Pack dalam sistem hidrolik, terdapat satu buah komponen yang berfungsi sebagai prime mover atau penggerak mula. Dimana sumber tenaga yang didapatkan bisa dari energi listrik atau energi panas hasil pembakaran. Ya, nama komponen penggerak mula itu adalah pompa hidrolik. Mekanisme dari pompa hidrolik ini sendiri adalah merubah energi listrik (motor listrik) atau panas (motor bakar), menjadi energi mekanik yang kemudian digunakan untuk menghisap cairan hidrolik yang selanjutnya disalurkan ke sistem hidrolik dan digunakan sebagai energi penggerak komponen hidrolik yang lainnya. Adapun pompa hidrolik yang digunakan dalam sistem hidrolik ada beberapa macam jenisnya. Berikut beberapa jenis pompa hidrolik yang biasa digunakan.

Macam-macam Jenis Pompa Hidrolik

1. Pompa Hidrolik Tipe Roda Gigi (Hydraulic Gear Pump)

Pompa hidrolik tipe roda gigi ini paling banyak digunakan dalam sistem hidrolik. Tenaga yang dihasilkan dari putaran sepasang roda gigi yang berputar, yang kemudian terjadi daya hisap kemudian cairan (oil) ditangkap diantara celah roda gigi dan rumah pompa, lalu diteruskan ke saluran tekan (outlet). Selanjutnya ciran (oil) ini akan disalurkan ke atas dengan tekanan yang lebih tinggi lagi untuk disalurkan ke sistem hidrolik.

hydraulic gear pump

2. Pompa Hidrolik Tipe Vane/Kipas/Impeller 

Pompa jenis vane/kipas/impeller ini mekanisme kerjanya mirip atau bahkan sama persis dengan pompa air yang terdapat di rumah-rumah. Atau mirip juga dengan pompa air pada aquarium. Pompa ini menggunakan rumah pompa yang pada bagian dalamnya berbentuk elips dan terdapat dua buah lubang pemasukan (inlet) dan dua buah lubang pengeluaran (outlet) yang posisinya berlawanan arah. Konstruksi seperti ini bertujuan agar tekanan radial pada cairan hidrolik saling seimbang. Vane/kipas/impeller disini dipasang pada poros beralur (slots) dan akibat gaya sentrifugal tersebut, terjadi proses pemompaan.
hydraulic pump impeller

3. Pompa Hidrolik Tipe Torak (Hydraulic Piston Pump)

Pada pompa hidrolik tipe piston ini proses kerja atau mekanisme kerjanya sama seperti pada pompa kompresor. Yang berbeda hanya medianya saja. Kalau pada pompa kompresor yang dipompa adalah udara, sedangkan pompa hidrolik piston ini yang dipompa adalah cairan (oil). Proses penghisapan terjadi pada saat piston/torak dalam posisi terbuka, sehingga oli hidroliik dari crankshaft masuk ke dalam silinder. Pada langkah pemompaan inilah cairan ditekan oleh silinder melalui check valve ke saluran tekan.

hydraulic pump unit (piston)



Dari ketiga tipe pompa hidrolik yang sudah disebutkan di atas, pompa hidrolik tipe roda gigi (hydraulic gear pump) paling sering atau banyak digunakan. Karena umur pompa hidrolik jenis roda gigi ini umurnya lebih panjang. Selain itu, getaran yang terjadi pada pompa cenderung lebih sedikit. Sebagai penggerak pompa hidrolik bisa menggunakan motor listrik ataupun motor bakar. Mengenai pemilihan pompa hidrolik yang sesuai dengan kebutuhan, bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Types of design
Speed range (1/min)
Displacement volume (cm³)
Nominal pressure (bar)
Total efficiency
Gear pump, externally toothed
500-3500
1.2-250
63-160
0.8-0.91
Gear pump, internally toothed
500-3500
4-250
160-250
0.8-0.91
Screw pump
500-4000
4-630
25-160
0.7-0.84
Rotary vane pump
960-3000
5-160
100-160
0.8-0.93
Axial piston pump
....-3000
750-3000
750-3000
100
25-800
25-800
200
160-250
160-320
0.82-0.92
0.82-0.92
0.8-0.92
Radial piston pump
960-3000
5-160
160-320
0.90

Nah, itu dia beberapa tipe atau jenis pompa hidrolik yang sering digunakan dalam sistem hidrolik. Adapun penjelasan yang lebih rinci bisa dicari pada artikel-artikel yang lain yang lebih khusus membahas tentang jenis-jenis pompa dan apa saja keuntungan dari masing-masing tipe pompa. Jika ada yang kurang dalam tulisan saya, mohon koreksinya dan tuliskan di kolom komentar. Sekian dan terimakasih.
iklan 2

2 Responses to "Pompa Hidrolik (Hydraulic Pump) Yang Biasa Digunakan Dalam Sistem Hidrolik"

  1. Mantapp gan, infonya sangat membantu.. kalau butuh hidrolik silahkan kontek ane

    0822 1040 9885 / aber@densuko.co.id


    Tinggal sebut kapasitas, kami siap membantu :)

    ABER Hidrolik, COCOK untuk DUMP TRUCK, CRANE, dan ALAT-ALAT INDUSTRI. Pemasangan yang Mudah dan Top Kualitas menjadikan ABER hidrolik yang dapat memenuhi semua kebutuhan Anda.
    ABER Ready Stok, tinggal sebut kapasitas Hidrolik Anda !!
    !!Kualitas Pompa yang Baik Menentukan Produktivitas Anda!!
    ganti ABER sekarang

    ReplyDelete
  2. ABER Hidrolik Made in Portugal, COCOK untuk WING BOX, DUMP TRUCK, CRANE, dan ALAT-ALAT INDUSTRI. Pemasangan yang Mudah dan TOP Kualitas menjadikan ABER hidrolik yang dapat memenuhi semua kebutuhan Anda.

    Contact Person : 081283223090
    ABER@densuko.co.id


    !!Kualitas Pompa yang Baik Menentukan Produktivitas Anda!!
    ganti ABER sekarang

    ReplyDelete